Mengenal Masa Perkembangan Bayi Baru Lahir

Mengenal Masa Perkembangan Bayi Baru Lahir

Kehadiran bayi tentu memberikan sebuah kebahagiaan bagi orang tua. Namun sebagai orang tua baru tentu juga harus memahami proses perkembangan bayi baru lahir agar orang tua bisa tahu apakah si kecil tumbuh sesuai dengan pertumbuhan pada umumnya sehingga dapat waspada jika terjadi hal-hal yang tidak biasa.

Perkembangan Penting Bayi Baru Lahir

  1. Pertumbuhan Fisik

Berat badan bayi akan turun sekitar 5-7% dari berat lahir.  Hal tersebut wajah jadi ibu tidak perlu khawatir. Pada hari ke-4, berat badan akan mulai naik kembali dan berlangsung dalam waktu 1-2 minggu hingga kembali ke berat lahir.

Setelah itu anak akan mulai rewel dan sering menangis bahkan pada tengah malam. Hal ini diakibatkan karena bayi sedang dalam masa pertumbuhan yang cepat. Anak juga akan terlihat selalu minta menyusu karena lapar atau haus. Hal tersebut wajar terjadi. Selalu berikan ASI hingga bayi kenyang dan berhenti sendiri agar bayi mendapatkan nutrisi yang cukup selama masa pertumbuhannya.

  1. Pergerakan Fisik

Perkembangan bayi baru lahir belum memiliki kemampuan koordinasi yang baik sehingga masih harus dibantu oleh orang tua. Namun bayi memiliki refleks yaitu menoleh ke kiri dan ke kanan untuk mencari sumber yang menyentuh tubuhnya, refleks menghisap apapun yang masuk ke dalam mulutnya, dan juga menggenggam jari atau tangan ibu namun masih lemah.

Tangan dan kaki bayi akan bergerak secara seimbang dan posisi tangan akan berusaha menggenggam erat. Biarkan saja bayi aktif bergerak namun tetap awasi agar bayi tidak memasukkan tangan ke dalam mulutnya dan segera berikan ASI agar bayi tidak haus.

  1. Sosial dan Emosional

Bayi masih belum memiliki kemampuan dalam menenangkan dirinya sendiri hingga umur 3 atau 4 bulan. Maka dari itu anak akan sering menangis sebagai cara non-verbal dalam meminta bantuan dan juga menunjukkan rasa ketidaknyamanannya. Apabila anak mulai menangis, segera hampiri dan berikan perhatian agar anak merasa nyaman dan juga dapat meningkatkan hubungan emosional antara ibu dan bayi.

Pandangan si kecil memang masih belum jelas namun ia sudah dapat mulai mengenali suarau ibu. Jadi apabila bayi sudah mulai mengenali suara ibu dan mengenali sentuhan ibu, anak akan lebih tenang setiap kali digendong maupun dipeluk. Dengan semakin melakukan kontak fisik dengan si kecil seperti peluk dan gendong dapat meningkatkan bonding yang lebih kuat.

Pastikan selama masa perkembangan bayi baru lahir, ibu memperhatikan kebutuhan nutrisi harian agar dapat memberikan ASI eksklusif dan menjaga produksi ASI tetap mencukupi. Setelah anak mulai belajar makan dan minum susu formula sebagai kebutuhan nutrisinya, ibu dapat memberikan susu formula dari Nutriclub Nutricia untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

Deskripsi : perkembangan bayi baru lahir umumnya hampir sama pada setiap anak sehingga ibu bisa lebih memahami tumbuh kembang si kecil.

 

shares